Program
Studi : Manajemen
Mata Kuliah : Manajemen
Strategic
Jumlah SKS : 3 SKS
Deskripsi Mata
Kuliah :
Dalam mata kuliah ini akan dibahas bagaimana cara menyusun dan merumuskan strategi perusahaan atas dasar visi, misi perusahaan beserta dasar pemikiran swot analisis. Berbagai masalah yang berhubungan dengan penentuan strategi perusahaan yang menyeluruh juga merupakan bagian yang terpenting sebagai dasar penyajian agar terjadi pemikiran yang integral dan komprehensip terhadap perubahan. Dalam materi mata kuliah ini akan membahas tentang proses dan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penyusunan/perumusan strategi perusahaan yang antara lain terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu pembuatan visi dan misi perusahaan yang relevan, menetapkan tujuan umum perusahaan maupun tujuan khusus/sasaran perusahaan sampai akhirnya mengembangkan suatu strategi baik ditingkat perusahaan maupun ditingkat fungsional. Pada mata kuliah ini dibahas mengenai bagaimana melakukan pengamatan atas lingkungan eksternal dan internal perusahaan yang menjadi dasar dalam perumusan strategi perusahaan. Selanjutnya akan dibahas secara garis besar polapikir tentang penerapan rencana, yang mana dengan rencana yang telah disusun dapat menciptakan koordinasi kerja yang baik dan dapat diketahui dengan jelas tantangan-tantangan yang harus dihadapi. Pada akhir mata kuliah ini dibahas tentang peranan penyusunan pelaporan sebagai alat untuk melakukan pengendalian atas pelaksanaan rencana- rencana dengan membandingkan laporan pelaksanaan dengan rencana-rencana yang telah ditetapkan.
Capaian Pembelajaran :
Setelah pembelajaran, setiap peserta didik diwajibkan menyelesaikan suatu kasus perusahan yang berkaitan dengan pembahasan di mata ajaran ini dan berdasarkan situasi perusahaan di Indonesia. Setiap peserta didik diwajibkan membuat kelompok kerja dan mulai mencari perusahaan sebagai sarana studi kasus dengan cara kunjungan langsung/field trip atau dari sumber lainnya yang lengkap untuk selanjutnya di-scanning, di-audit dan dianalisis berdasarkan materi yang diterima setiap minggunya atas pengarahan dosen pengampu untuk dilaporkan perkembangan kajiannya.
PERTEMUAN:
- PENGANTAR EKONOMI STRATEGI
- STRATEGI DALAM PROSES MANAJEMEN STRATEJIK
- LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN: ANALISIS INDUSTRI DAN PESAING
- LINGKUNGAN INTERNAL: SUMBER DAYA, KAPABILITAS DAN KOMPETENSI INTI
- MERUMUSKAN VISI DAN MISI
- FORMULASI DAN SAFARI STRATEGI
- STRATEGI BERSAING PADA UNIT
BISNIS
- UTS
- BCG dan Matriks Analisis SWOT // Contoh Jurnal Analisis SWOT // IFAS, EFAS , IE
- STRATEGI KORPORAT
- STRATEGI INTERNASIONAL
- STRATEGI ALIANSI STRATEJIK
- TATA KELOLA KORPORAT YANG BAIK
- STRUKTUR DAN DESAIN ORGANISASI
- KEPEMIMPINAN STRATEJIK
- PENGENDALIAN, EVALUASI, DAN KINERJA STRATEGIK
- UAS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar